0

Jaringan Komputer

Posted by Unknown on 22.42

Pengertian dan Fungsi Casing
Pengertian dan Fungsi Casing Komputer - Perangkat yang satu ini sering kita abaikan di dalam pembelian. Tahukah anda bahwa casing komputer tidak boleh asal beli, kenapa? karena kebutuhan akan komputer setiap orang berbeda-beda. Misalkan, kita menginginkan komputer untuk game dan merakitnya sendiri. Pada saat pembelian, kita membeli casing tipe standar. Hal seperti itu sangatlah buruk terhadap komputer kita nantinya.

casing-komputer
Casing Komputer

PENGERTIAN CASING KOMPUTER

Casing komputer merupakan sebuah rumah berbentuk kotak yang dibutuhkan oleh perangkat-perangkat komputer seperti Processor (CPU), Motherboard, hardisk dan peranti-peranti yang lain. Selain itu casing komputer juga digunakan untuk melindungi perangkat-perangkat yang sangat sensitif seperti motherboard, floppy drive, power supply, hard disk drive dan komponen-komponen lainnya.

Kesimpulannya adalah bahwa casing komputer merupakan tempat atau rumah yang berfungsi untuk melindungi perangkat keras dari benturan-benturan kecil yang dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat-perangkat yang sensitif

FUNGSI CASING KOMPUTER

Adapun fungsi dari casing yaitu untuk melindungi komponen Komputer dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja dan melindungi dari benturan-benturan fisik. Casing juga berfungsi sebagai pelindung prosessor,motherboard, DVD-RW drive, DVD-ROM dan hard disk. Casing juga digunakan untuk tempat Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin saat komputer beroperasi.



JENIS-JENIS CASING :

1. Casing Desktop : merupakan casing berbentuk kotak dengan ukuran lebar kira-kira 30-40 cm dan panjang kira-kira 50-60 cm. Casing jenis ini biasanya suka berada di bawah monitor dan casing ini sebenarnya bukan casing ketinggalan jaman atau jadul. Sekarang masih banyak pengguna memakai casing ini, karenan ukurannya lebih kecil namun mempunyai kelemahan yaitu berat casing tersebut.

2. Casing Tower : Casing komputer pada tahun 2012 saat ini telah menggunakan casing tower, casing ini mempunyai ruang di dalam casing komputer lebih luas serta suhu dalam casing komputer tidak terlalu cepat panas dan juga lebih mudah dalam menambah komponen lainnya. Casing komputer jenis tower terdiri dari Mini tower dan Middle Tower.

3. Casing Mini ITX : Jenis casing satu ini merupakan rancangan baru dengan desain yang lebih mantap dan akan di promosikan setelah tahun 2012 ini.

4. Casing Gaming : Jenis casing ini biasanya ukurannya lebih besar dan luas, karena para pecinta game sangat ingin memaksimalkan perangkat-perangkat kerasnya. Contoh casing gaming adalah CBM Azza Toledo 301, Toolest. Tipe casing tersebut tidak memerlukan obeng untuk pemasangan perangkat keras dan mempunyai susunan kabel yang sangat rapi.

Demikianlah sedikit artikel mengenai Pengertian dan Fungsi Casing Komputer, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 teknologi 2015 All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.